Keselamatan

Yohanes 3 : 16

Interaksi Manusia dan Komputer

IMK( interaksi manusia dan computer) berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik dan kesenian. Human Computer Interaction (HCI = IMK) adalah studi tentang interaksi antara manusia, komputer dan tugas/ task. Sistem interaktif manusia dan computer melaksanakan dan menyelesaikan tugas/ task seperti berikut ini.
• User friendly.
• Mudah digunakan (easy to use)
• Masih terjadi error.
• User yang mahir dalam menggunakan computer.
• Option-option dalam word processing, seperti File/save dengan file/ delete

IMK dalam konteks kerja dan tugas user melibatkan :
• Desain
• Implementasi sistem interaktif
• Evaluasi

Ilmu yang terlibat dalam IMK( interaksi manusia dan computer adalah :

• Psikologi dan ilmu kognitif : persepsi user, kognitif, kemampua memecahkan masalah
• Ergonomi : kemampuan fisik user
• Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi
• Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi
• Bisnis : pemasaran
• Desain grafis : presentasi interface
• Dan lain-lain.

THE HUMAN (MANUSIA = USER)
1. i/o
2. memory
3. proses berpikir

a. Terbatas dalam kapasitas memproses informasi Implikasinya untuk desain.
b. Informasi pada manusia
•diterima dan direspon melalui saluran (channel) Input/ Output.
•Disimpan di memori
•Diproses dan diaplikasikan.

IMK meliputi ergonomi dan faktor manusia sebagai berikut.
1. Ergonomi →UK
Secara tradisional, ergonomi memfokuskan pada karakteristik fisik mesin
dan sistem dan melihat unjuk kerja (performance) dari user
2. Faktor manusia →USA
Faktor manusia merupakan studi tentang manusia dan tingkah lakunya
dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dalam menyelesaikan tugas.

Interaksi manusia – mesin + informasi dan teknologi computer = interaksi manusia

Interaksi manusi dan computer dibedakan menjadi 2 (dua) :
1. langsung : dialog dengan feedback dan kontrol dari performance tugas.
2. Tidak langsung : proses background dan batch.

Menurut Moran dan Newell membuat Model Human Processor, terdiri dari 3 sub sistem, yaitu :
• sistem persepsi : menangani sensor dari luar
• sistem motor : mengontrol aksi/ respon
• sistem kognitif : memproses hubungan keduanya.

Dari ketiga sub system diatas mempunyai prosesor yang berbeda, begitu juga kompleksitasnya yaitu.

1. I/O channel
Manusia berinteraksi dalam menyelesaikan tugas yang datang dari luar melalui informasi yang diterima dan informasi yang diterima. Indera yang digunakan dalam menerima informasi ialah
a. Mata
b. Telinga

2. Memori Manusia .
Memori merupakan system penyimpanan data dan informasi. Memori manusia dibedakan menjadi dua di antaranya adalah .
A. Memori Sensor
Iconic untuk visual, menggerakkan jari2 di depan mata.Echoic untuk aural, informasi2 apa yang dapat diterima oleh telinga Haptic untuk peraba.
B. Short Term Memory (STM)
Daerah memori yang aktif. Dianggap sebagai memori kerja
Contoh : menghitung perkalian, membaca.

STM memiliki kapasitas terbatas, ada 2 (dua) metode pengukuran :
• Mengingat panjang deretan secara terurut
• Merecall item2 secara acak.

Contoh :
0 7 1 6 7 6 9 1 5 3
0 7 1 - 6 7 6 - 9 1 5 3 telepon
(area) (distrik) (nomor) chunk
HEC ATR ANU PTH ETR EET – sekumpulan Chunk Informasinya : dengan memindah karakter akhir ke posisi awal, urutan tersebut akan mudah direcall.
Bentuk yang sukses dari chunk dikenal dengan CLOSURE. Proses ini digeneralisasi ke penyelesaian tugas yang ada di STM. Jika subjek gagal untuk melakukan atau ada interferensi maka subjek akan kehilangan jejak dari apa yang telah dikerjakannya dan terjadi kesalahan.

C. Long Term Memory (LTM)
Menyimpan informasi, pengetahuan eksperimen, aturan-aturan prosedur tingkah laku, dll (semua yang kita ketahui).

Struktur LTM, ada 2 :
A. Informasi episodic : merepresentasikan kejadian, pengalaman secara serial
B. Informasi Semantik : merepresentasikan struktur dari fakta, konsep dan kemampuan.

Proses LTM terbagi 3 :
•Menyimpan atau mengingat informasi
•Menghilangkan informasi
•Memanggil kembali informasi.

Tipe interaksi secara umum yaitu
• command line interface
• menu 9 natural language
• Q/A & query dialogue
• Form-fills & spreadsheet
• WIMP interface (Windows, Icons, Menu, Pointers)
• Pointer.

0 komentar:

Posting Komentar