Keselamatan

Yohanes 3 : 16

DIALOG

Dialog adalah percakapan antara dua atau lebih pihak. Dialog juga mengimplikasikan kerjasama atau sedikitnya kerjasama atau sedikitnya keinginan untuk menyelesaikan konflik. Pada perancangan user interface, dialog memiliki arti yang lebih spesifik yaitu struktur percakapan antara user dan sistem komputer. Bahasa computer dapat dibagi atas tiga tingkatan :

1. Leksikal
Merupakan tingkatan yang paling randah : bentuk icon pada layar tombol yng ditekan. Pada bahasa manusia , ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata.
2. Sintaks
Sintaks yaitu urutan dan struktur dari input dan output. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar/tata bahasa suatu kalimat.
3. Semantik
Semantik arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer atau dunia eksternal.

Karakteristik Sebuah Dialog Diantaranya adalah :
1.Pertisipan harus menyebutkan dialognya dalam urutan tertentu.
2.Beberapa dialog diantaranya telah ditetapkan sebelumnya.
3.Beberapa bagian tertentu dari dialog dilakukan secara bersamaan .
4. Umumnya dialog berikutnya tergantung pada respon dari partisipan.
5. Dialog dengan komputer mungkin saja tidak mengakomodasi semua kejadian yang mungkin.
6. Deskripsi dialog biasanya tidak langsung menuju pada arti kata-katanya / semantic tetapi pada level sintaks.
7.Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut modul.

Dialog Berbasis Teks Dibagi Atas.
a. Dialog berbasis perintah-perintah tunggal.
Dialog berbasis perintah tunggal dapat dikatakan merupakan ragam dialog yang paling konvensional. Perintah-perintah tunggal dapat diioperasikan biasanyab tergantung dari sistem computer yang dipakai , dan berada dalam suatu domain yang disebut sebagai bahasa buatan , yaitu sejenis bahasa yang sengaja diciptakan untuk melakukan komunikasi yang tepat dan akurat pada suatu domain

Keuntungan dan kerugian penggunaan dialog berbasis perintah tunggal:


b. Dialog berbasis kombinasi perintah.
Dialog berbasis bahasa pemograman merupakan ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas yang sering dengan batch file. Perintah-perintah yang dituliskan dalam ragam dialog berbasis bahasa pemograman baik arus rendah maupun aras tinggi , seperti assembler, pascal, C, FORTRAN, atau BASIC, tetapi harus mengikuti aturan-aturan tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar